Saturday, January 24, 2015

Edit

Alat Pemutar Musik dari Kuno sampai Modern

Beberapa di antara kalian pasti suka dengerin musik. Wah, untungnya ada alat pemutar musik, ya. Tapi tahukah kamu, kalau alat pemutar musik sudah dibuat sejak ratusan tahun lalu. Bahkan beberapa di antaranya sudah ada yang terlupakan. Mau tau apa aja alat pemutar musik itu? Baca terus, yaa((:

1. Fonotograf
Fonotograf adalah alat perekam suara dan pemutar musik pertama yang diciptakan oleh Bapak Edouard-Leon Scott de Martinville dari Prancis, tahun 1857. Alat pemutar musik pertama ini sudah hampir terlupakan, sehingga baru diketahui setelah lebih dari 100 tahun.
2. Fonograf
Pada tahun 1877, Bapak Thomas Alva Edison menciptakan fonograf. Alat ini dapat merekam dan memutar musik dari tabung silinder yang dilapisi kertas timah. Tabung silinder ini hanya bisa satu kali pakai karena kertas timahnya mudah sobek.
3. Grafofon
Alat pemutar musik yang diciptakan Alexander Graham Bell tahun 1880. Alat pemutar musik ini terbuat dari tabung silinder yang dilapisi lilin. Lapisan lilin itu lebih tahan lama, sehingga tabung silinder bisa dipakai beberapa kali.
4. Gramofon
Tahun 1887, Emile Berliner dari Jerman mengembangkan alat pemutar musik. Alat itu disebut gramofon. Gramofon tidak menggunakan tabung silinder untuk memutar musik, tetapi menggunakan piringan hitam.
5. Piringan Hitam
Piringan hitam berbentuk lingkaran dan ceper seperti CD. Tetapi ukurannya lebih besar daripada CD. Awalnya, piringan hitam terbuat dari kaca. Lalu, lama kelamaan diganti dengan plastik.
6. Turntable
Alat ini merupakan pengembangan dari gramofon, yang terus digunakan hingga tahun 1970an.
7. Kaset
Piringan hitam lama-lama mulai digantikan oleh kaset. Kaset pertama kali diperkenalkan di sebuah pameran di Berlin, Jerman tahun 1963. Kaset itu dibuat oleh perusahaan Phillips di Belanda. Kaset memutar dari pita magnetik yang berputar pada dua roda.
8. Walkman
Setelah muncul kaset, muncullah walkman. Alat pemutar kaset ini berukuran kecil, sehingga bisa dibawa kemana-mana, dan dilengkapi headphone. Walkman pertama kali muncul pada tahun 1979. Penciptanya Bapak Masaru Ibuka.
9. CD
CD (Compact Disk) pertama kali diperkenalkan di Jepang tahun1982. Untuk membuat CD, perusahaan Phillips dan Sony melakukan penelitian selama bertahun-tahun.
10. MP3
Sampai sekarang, CD masih tetap ada. Namun sekarang, kita lebih sering mendengarkan musik dalam bentuk MP3. MP3 pertama kali dikembangkan di Jerman oleh Bapak Karlheinz Brandenburg, Profesor Dieter Seitzer, tim di Universitas Erlangen-Nuremberg, dan Institut Fraunhofer. Penelitian mereka ini akhirnya berhasil pada tahun 1991.
11. iPod
Begitu MP3 muncul, mulailah dibuat alat pemutar MP3 atau MP3 player tahun 1998. Setelah itu tahun 2001, muncullah iPod yang bisa menyimpan ribuan lagu. Sejak saat itu, alat pemutar musik digital terus berkembang.
Nah, itu dia alat pemutar musik dari zaman ke zaman. Makasih ya udah baca postingan kali ini. Jangan lupa komentar ya((:









5 comments:

  1. Ada yang ketinggalan sebelum kaset yaitu pita magnetic dengan nama reel to reel.

    ReplyDelete
  2. Saya ada Gramofon antik peninggalan buyut saya merk thorens komponenya masih lengkap tapi sudah tidak hidup karena mesinya sudah berkarat sekiranya tau orang atau komunitas yang berminat beli untuk koleksi bisa tolong bantu info saya terima kasih

    ReplyDelete